Makalah Informasi Akuntansi ini membahas mengenai Analisis sistem (system analisis) yang merupakan penguraian dari sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.
Tahap analisis sistem dilakukan setelah tahap perencanaan sistem (system planning) dan sebelum tahap desaian sistem (sistem design). Tahap analisis merupakan tahap yang kritis dan sangat penting, karena kesalahan di dalam tahap ini akan menyebabkan juga kesalahan di tahap selanjutnya.
LANGKAH-LANGKAH ANALISIS SISTEM
Tahap analisis sistem dilakukan setelah tahap perencanaan sistem (system planning) dan sebelum tahap desaian sistem (sistem design). Tahap analisis merupakan tahap yang kritis dan sangat penting, karena kesalahan di dalam tahap ini akan menyebabkan juga kesalahan di tahap selanjutnya.
LANGKAH-LANGKAH ANALISIS SISTEM
- Identify, yaitu mengidentifikasi masalah
- Understand, yaitu memahami kerja dari sistem yang ada
- Analyze, yaitu menganalisis sistem
- Report, yaitu membuat laporan hasil analisis
MENGIDENTIFIKASI MASALAH (LANGKAH 1)
- Tugas-tugas dalam mengidentifikasi masalah
- Mengidentifikasi Penyebab Masalah
- Mengidentifikasi Titik Keputusan
- Mengidentifikasi Personil-Personil Kunci
MEMAHAMI KERJA DARI SISTEM YANG ADA (LANGKAH 2)
- Menentukan Jenis Penelitian.Meliputi: wawancara, observasi, daftar pertanyaan, pengambilan sampel
- Merencanakan Jadual Penelitian (Who, When, Where, What, How)
- Mengatur Jadual Wawancara
- Mengatur Jadual Observasi
- Mengatur Jadual Pengambilan Sampel
- Membuat Penugasan Penelitian
- Membuat Agenda Wawancara
- Mengumpulkan Hasil Penelitian
MENGANALISIS HASIL PENELITIAN
- Menganalisis Kelemahan Sistem
- Menganalisis Distribusi Pekerjaan
- Menganalisis Pengukuran Pekerjaan
- Menganalisis Keandalan
- Menganalisis Dokumen
- Menganalisis Laporan
- Menganalisis Teknologi
- Menganalisis Kebutuhan Informasi Pemakai/Manajemen , Walaupun menganalisis kelemahan-kelemahan dan permasalahan-permasalahan yang terjadi merupakan tugas yang perlu, tetapi tugas ini saja belum cukup. Tugas lain dari analis sistem yaitu menyediakan informasi yang dibutuhkan bagi para pemakainya
MEMBUAT LAPORAN HASIL ANALISIS
Setelah proses analisis sistem ini selesai dilakukan, tugas berikutnya adalah membuat laporan hasil analisis. Laporan ini diserahkan ke steering committee yang seterusnya diserahkan ke manajemen
Tujuan utama penyerahan laporan ke manajemen
- Bahwa analisis telah selesai dilakukan
- Meluruskan kesalah-pengertian mengenai apa yang telah ditemukan dan dianalisis oleh analis sistem tetapi tidak sesuai menurut manajemen
- Meminta pendapat-pendapat dan saran-saran dari pihak manajemen
- Meminta persetujuan kepada pihak manajemen untuk melakukan tindakan selanjutnya (dapat berupa meneruskan ke tahap desain sistem atau menghentikan proyek bila dipandang tidak layak lagi).
Makasih infonya, buat tambah2 pengetahuan dan minta dikit ya tuk tugas kuliah... (cuma baca ko, nggak ngopi_)
BalasHapussalam
Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat, walau ane bukan anak kuliahan sekarang. Dulu sama-sama berkecimpung dengan yang beginian, sekarang urusannya liatin chart harga yang naik turun. Hehe... Tau kan forex trading? Nah itu maenan sehari-hari sekarang, masih belajar, berharap suatu saat konsisten profit dan menjadikan ini bisnis utama sebagai pekerjaan yang bisa menghasilkan. Kalau ada yang tertarik, coba buka OctaFx. Broker yang lumayan bagus ih, ada promo yang sangat menguntungkan. Dan lebih hebat lagi broker ini memberikan bonus free akun welcome sebesar 8$ bagi klien baru. Keuntungan bisa ditarik!
BalasHapusthanks gan artikelnya.
BalasHapus